Sabtu, 13 Juni 2009

the power of the media!

tadi pagi baru liat iklan Tim Tam yang baru itu. yang kaya iklan alat kosmetik pemutih wajah. lucu deh. wkakakaka. ada yg uda liat juga?

oke. to the main topic.
setelah ngelia tiklan itu tadi gw baru kepikiran kalo sebenernya para tukang bikin iklan yang kreatip itu adalah para jago-jago hipnotis. ato sebego-begonya, pengendali emosi. yap, dan lebih efektif dibanding obrolan pak mario teguh [bwt gw yah].

mari di urai sedikit demi sedikit.
dalam bahasa indonesia kita mengenal teks "persuasif" yaitu teks yang dibuat bertujuan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, ato paling nggak menyadarkan orang akan sesuatu.
ato bahasa yang lebih gampang dimengertinya mempengaruhi orang.

nah. seorang penguasa media, seperti : televisi, radio, koran ato internet, harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah hal yang bersifat persuasif. setidaknya untuk mempromosikan media yang ia miliki. misalnya owner RCTV harus jago bikin iklan yang mempengaruhi orang untuk nonton channel TV RCTV tersebut. semakin besar media yang mereka punya, dan semakin besar kemampuan persuadif mereka, maka semakin besar pula konsumen yang bisa mereka kendalikan.

tapi sayangnya, setiap kemampuan besar tidak hanya digunakan beberapa orang untuk beberapa hal positif, tapi juga hal negatif.

sip. ada pertanyaan? nggak? yaudah. sekarang kita masuk kebeberapa contoh kasus yang melibatkan kemampuan persuasif sebuah media.

1. menaikkan atau menjatuhkan sebuah nama.
oke, ini contoh yang paling basi banget. yang saban hari aja udah bisa kita liat contohnya dimana-mana. tapi yang paling sering sih, di acara gosip! huh.

membuat sebuah berita dengan efek WOW secara otomatis akan membuat objek dalam sbuah kasus yang di blow up dengan efek WOW itu akan diperbincangkan secara terus menerus. nah, apabila sudah dibicarakan secara terus menerus, maka bisa ditebak. nama dari objek kasus tersebut bisa terdengar riuh dimana selama seminggu, atau bahkan berbulan2.

example :
1. menjatuhkan nama besar dalam persaingan politik.
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2045548
2. untuk menjatuhkan nama rumah sakit omni
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2058525
3. menaikkan nama indonesia [promosi nih].
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1928251


2. mempromosikan sesuatu.
nah kalo yang ini, setiap orang yang ingin melakukannya dituntut untuk mempublikasikan sebuah kelebihan dari suatu hal yang ingin di blow tersebut. jadi, harus kreatif untuk bener2 bisa jago di bidang ini.

example :
1. situs promosi
http://jkwiranto.com/news.php
2. promosi di sebuah forum jual-beli
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1124891

3. membuat efek chaos di tengah masyarakat.
kalo buat yang satu ini tuh biasanya emang ditujukan untuk tujuan buruk. baik cuma untuk membuat sebuah kepanikan di masyarakat, atau juga untuk mengambil manuver baru di tengah keributan yang terjadi di tengah masyarakat itu. berita yang disebar disini biasanya adalah HOAX atau berita2 yang belum jelas keasliannya.

example :
1. kiamat.
http://www.google.co.id/search?q=kiamat+2012&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a [liat aja hasil searchnya]
2. berita yg ga jelas untuk menjatuhkan suatu nama.
http://newsgroups.derkeiler.com/Archive/Soc/soc.culture.african/2005-09/msg00005.html



nah. sejauh ini sih itulah hal2 hebat yang bisa dilakukan oleh media.
ohya, kok kayanya di kasus 1 ama kasus 3 bisa mirip yah? yah gitulah. mirip tapi ga sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar