Kamis, 11 Juni 2009

jangan sampai meleleh..!!!


inget ga pas kecil dulu kalo dibeliin es cone nyokap suka bilang "jangan sampe ngeleleh, ntar bajunya kotor" ato "tiati ngeleleh, ntar kebuang esnya" ato "daripada ngeleleh sini mama makan" [yg terakhir mah nyokapnya aja pengen. hha]

pernah ga mikir seberapa penting menjaga supaya es krim itu habis dengan baik dan ngejaganya supaya ga ngeleleh dan berantakan? pernahlah. tapi seberapa efektifkah anggapan kita itu? paling dengan menghabiskan es dengan cepat, ato jilat semuanya, jadi kalopun ngeleleh langsung kemakan. bukan jatoh dan berantakan.

tapi pernah kan ngerasain yang biasa disebut orang sama otak beku? yaitu kalo makan es krim ato hal2 dingin dengan cepat/terburu2, berasanya tuh otak dingin banget? yap setelah googling, gw tau kalo itu terjadi karena saraf yang ada di langit2 itu terganggu sama kondisi yang sangat dingin dan mengganggu peredaran darah ke otak. makanya jadi sakit. yaudah, jadi makanlah yang efektif. jangan berlebihan rakusnya. jangan nyeruput coke ato minuman dingin lainyya berlebihan. oke? gampang kan?

nah sekarang gimana kalo bumi kita yang ngeleleh?

hmm. global warming [ato yg belakangan bahasa gaulnya "glowarm"] itu terjadi tentu saja karena adanya sebab dan akibat. yap itulah hukum alam. beda sama hukum yang selama ini kita junjung. walaupun ada sebab, entah akibat bisa aja ga relevan ama penyebab terjadinya. aneh.

oke, balik ke topik. setelah googling [lagi], gw mulai membaca cukup banyak hal menarik tentang bumi yang selama ini ga gw dapet di skolahan [secara anak sosial]. tapi untungnya gw cukup melek sama komputer, jadi akhirnya lumayan tau juga ama maslah2 ilmiah.

oke, ini pemikiran terbodoh dari gw yang notabene kurang ngerti ilmu ilmiah. jaman dulu kan ada jaman es? tapi kenapa bisa hilang? beberapa link yang baru aja gw baca ngejelasin ttg perubahan sudut rotasi bumi yang terjadi jarang sekali. beberapa peneliti lebih ekstrim lagi mengungkapakan kalau zaman es itu bakalan terjadi setiap 11.500 tahun sekali.

belakangan juga udah banyak fakta2 yang bilang kalo manusia bukanlah penyebab terjadinya glowarm ini. ini alamiah. apapun alasan terjadinya.

sama halnya kaya si es krim yang tadinya ada di tangan kita. saat orang tua kita cukup yakin dapat mengatasi baju kita yang kotor karena lelehan es, maka ia sudah punya ratusan solusi untuk akibat yang terjadi. tapi kalo orang tua kita masih berpikir penyebab kenapa es krim di tangan kita bisa meleleh, maka ia belum tentu akan siap menghadapi fakta bahwa ia harus berusaha keras membersihkan noda es yg kita hasilkan.

yap. begitupula dengan bumi.
menurut orang awam kaya gw, yang harus diperhatiin sekarang bukan : kenapa bisa terjadi glowarm. tapi : seberapa siap kita menghadapi fenomena alamiah ini?







[notes : maaf kalo tulisan yg ini ga jelas isinya. hha]

3 komentar: